Drop Cap, Coulumns, Header & Footer, Clip Art Dan Watermark, Page Border,Smart Art, Footnote Dan Comment


Drop Cap, Coulumns, Header & Footer, Clip Art Dan Watermark, Page Border,Smart Art, Footnote Dan Comment

1. Drop Cap
Drop Cap merupakan suatu paragraf yang dimulai dengan huruf yang lebih besar dibandingkan dengan huruf yang dipakai pada keseluruhan paragraf. Umumnya dalam pengetikan artikel, huruf awal dibuat tampak supaya lebih besar dan menarik perhatian pembaca.
Contoh pembuatan drop cap :
W
ord merupakan aplikasi pengolah kata yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, word memiliki banyak fitur-fitur yang bisa memudahkan pengguna untuk melakukan penulisan dokumen.


Cara membuat Drop Cap ialah :
A. Blok Kalimat Yang Ingin Dibuat Drop Cap
B. Kemudian Pilih Tab Insert
C. Klik Drop Cap. Kemudian Pilih Dropped.

2. Coulums
Fungsi columns pada microsoft office word berfungsi untuk membagi tulisan menjadi beberapa bagian sehingga dalam satu lembar kerja terdapat tulisan yang dibagi-bagi menjadi sebuah kolom.
Cara membuat Coulums :
A. Buka lembar kerja ms word anda yang sudah berisi artikel yang akan dibagi menjadi beberapa kolom
B. Blok tulisan yang akan di buat kolom.
C. Selanjutnya klik menu page layout, kemudian pilih menu columns pada group page setup.
D. Pilih two untuk membagi menjadi 2 kolom, three untuk membagi menjadi 3 kolom, left untuk membagi kolom dengan ukuran lebih kecil dibagian kiri dan right untuk membagi kolom dengan ukuran lebih besar dibagian kanan.

3. Header Dan Footer
Header adalah bagian dari dokumen yang muncul di margin atas, sedangkan footer adalah bagian dari dokumen yang muncul di margin bawah. Header dan footer umumnya mengandung informasi tambahan seperti nomor halaman, tanggal, nama pengarang, dan catatan kaki, yang dapat membantu membuat dokumen lebih terorganisir dan mempermudah dibaca. Teks yang dimasukkan pada header atau footer akan muncul pada setiap halaman dokumen.

Langkah-langkah menyisipkan Header
A. Pilih tab insert, kemudian klik header
B. selanjutnya terdapat beberapa pilihan header. Tinggal kita pilih salah satu
C. Setelah selesai kita bisa klik tanda silang yang atasnya.

Langkah-langkah menyisipkan Footer
A. Pilih tab insert, kemudian klik footer
B. selanjutnya terdapat beberapa pilihan footer. Tinggal kita pilih salah satu
C. Setelah selesai kita bisa klik tanda silang yang atasnya.

4. Clip Art Dan Watermark

Langkah-langkah untuk menyisipkan objek Clip Art adalah:
A. Pilih tab ribbon Insert lalu pada grup Illustrations pilih Clip Art untuk membuka jendela taks pane Clip Art
B. Apabila dalam kotak daftar tidak terdapat pilihan objek gambar yang diingin disisipkan, maka klik tombol Go untuk menampilkan objek-objek gambar tersebut.
C. Pilih salah satu objek gambar dalam kotak daftar objek dan perhatikan bahwa objek yang terpilih langsung disisipkan ke dalam dokumen.
D. Apabila objek gambar dalam kondisi terpilih, maka akan tampil titik handle untuk mengatur ukuran objek. 
E. Untuk mengatur posisi objek pada teks dapat dipilih dengan klik kanan lalu pilih Wrap Text, Anda dapat melihat sendiri perubahan pada objek pada paragraf dokumen yang ada.

Langkah-langkah untuk menyisipkan Watermark adalah:
A. Buka dokumen yang ingin diberi watermak, kemudian klik menu ribbon Page Layout – Watermark.
B. Lalu pilih sendiri model watermark yang ingin Anda sematkan. Tapi, label watermark yang digunakan masih menggunakan label default. Bukan label nama atau nama usaha Anda.
C. Untuk menampilkan watermark dengan nama atau brand, klik menu Custom Watermark.
D. Pilih Text watermak dan ketik di kolom Text label yang Anda inginkan. Pilih ukuran dan juga jenis hurufnya jika dianggap perlu. Terakhir klik Apple – OK.
5. Page Border
Page borders atau bingkai halaman merupakan salah satu style yang digunakan untuk mempercantik sebuah lembar kerja dokumen file teks ataupun gambar.
Langkah-langkah menyisipkan page border :
A. Pilih Tab Pege Layout
B. Pilih Page Border
C. Pilih Bingkai Yang Diinginkan

6. Smart Art

Langkah-langkah menyisipkan smart art adalah
A. pilih menu insert
B. kemudian pilih smart art, pilih sesuai kebutuhan
C. jikan ingin menambahkan kotak klik Add Shape

7. Footnote Dan Comment

Footnote adalah catatan kaki yang terletak dibawah kertas.
Langkah-langkah menyisipkan footnote adalah:
A. pilih tab references
B. kemudian pilik insert footnote
C. selanjutnya isi footnote

Comment biasanya digunakan oleh dosen atau penulis atau pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan tulis menulis.

Langkah-langkah menggunakannya adalah:
A. klik menu tab review
B. kemudian klik tulsan yang ingin dikomen.
C. pilih new commnet, kemudian tulis apa yang ingin anda komen.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Menu Dan Fungsi Menu Ms. Excell 2010

Teknik Dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Teknik Multilevel List