Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Microsoft Word 2010
Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu
Microsoft Word 2010
A.
Perbedaan Antara Tab, Ribbon Dan Group
Tab adalah sederetan menu
yang ditandai dengan tek, terdiri dari
tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah sekumpulan menu dalam setiap
Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon
yang memiliki kesamaan fungsi. Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon
terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang
memiliki kesamaan fungsi.
B.
Pengertian Dan Bagian Tabs Menu Pada Microsoft Word 2010
Tabs Menu adalah bagian dari quick
access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini
difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian
gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Yang termasuk
kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
- Tab
File
- Tab
Home
- Tab
Insert
- Tab
Page Layout
- Tab
References
- Tab
Maillings
- Tab
Review
- Tab
View
C. Pengertian Dan Pembagian Ribbon Pada Microsoft Word 2010
Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama
menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai
berikut
- Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat
di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang
digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout
adalah contoh tab ribbon.
- Groups - Bagian ini merupakan
kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul
didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan
group paragraph.
- Commands
- Bagian
ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti
yang disebutkan di atas
D.
Pengertian Tittle Bar Pada Microsft Word 2010
Title Bar merupakan
identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara
default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan
dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah
menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word.
E. Pengertian Dan Fungsi Rulers Pada Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan
tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen
secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal
ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler
vertikal.
- Ruler
horizontal muncul
tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin
dan tab stop.
- Ruler
vertikal muncul
di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi
vertikal elemen pada halaman
F.
Pengenalan Status Bar Pada Microsoft Word 2010
Status bar merupakan sebuah
tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam
sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam
satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.
G. Fungsi Menu File Pada Microsoft Word 2010
1. New untuk Membuat file yang baru
2. Open untuk Membuka File yang pernah kita buat
3. Close untuk Menutup file yang sedang kita buka
4. Save untuk Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita
simpan dan telah diberi nama
5. Save As untuk Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita
perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6. Save as Web Page uk ntMenyimpan dokumen sebagai halaman web
7. Web page Preview untuk Preview halaman web
8. Page Setup untuk Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran
margin, dll
9. Print Preview untuk Menampilkan hasill kerja yang telah kita
buat pada kertas
Print untuk Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
Print untuk Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
10. Sent To untuk Mengirimkan dokumen
11. Properties untuk Melihat detail
12. Exit untuk Keluar dari Program Word
H. Fungsi Menu Edit Pada Microsoft Word 2010
1. Undo Typing untuk Membatalkan perintah yang sudah terlanjur
dilaksanakan
2. Repeat Typing untuk Membatalkan perintah yang telah terlanjur
dibatalkan
3. Cut untuk Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4. Copy untuk Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard
ke dalam lembar kerja kita
5. Clear untuk Membersihkan
6. Paste untuk Mengambil object yang sudah disimpan pada
clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi yang tepat
7. Paste Special untuk Mengambil object yang sudah disimpan pada
clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8. Select All untuk Memilih keseluruhan yang ada pada lembar
kerja kita
9. Find untuk Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10. Replace untuk Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata
yang baru secara keseluruhan
11. Go To untuk Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu
dengan cepat
I. Fungsi Menu View Pada Microsoft Word 2010
1. Print Layout untuk Menampilkan bagaimana teks yang
sesungguhnya
2. Reading Layout untuk Membaca dokumen halaman per halaman
3. Task Pane untuk Menampilkan beragam perintah cepat Word
4. Ruller untuk Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
5. Markup untuk Melakukan pengaturan komentar dalam projek
6. Headaer and Footer untuk Membuat judul berulang diatas
(header) dan dibawah (footer)
7. Full Sscreen untuk Menampilkan lembar dokumen secara layar
penuh
8. Zoom untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen
J. Fungsi Menu Insert Pada Microsoft Word 2010
1. Break untuk Berganti Halaman
2. Page Number untuk Penomoran halaman
3. Date and Time untuk Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4. Symbol untuk Menyisip suatu simbol
5. Footnote untuk Membuat catatan kaki
6. Picture untuk Menyisip gambar
7. Diagram untuk Menyisip diagram kedalam dokumen
8. Text Box untuk Menyisip teks di dalam kotak
9. File untuk Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10. Object untuk Menyisip suatu objek atau program lain yang akan
digunakan dalam bekerja
K. Fungsi Menu Format Pada Microsoft Word 2010
1. Font untuk Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2. Paragraph untuk Mengatur jarak baris (Line Spacing)
3. Bullet and Numbering untuk Fasilitas untuk memberi simbol
tertentu atau penomoran dalam baris
4. Border and shading untuk Memberi border dan shading pada teks
yang kita buat
5. Columns untuk Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6. Tabs untuk Untuk mengatur ukuran tab
7. Drop Caps untuk Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8. Teks Direction untuk Memberikan efek arah teks pada alinea yang
dipilih
9. Change Case untukMerubah bentuk tulisan, dari huruf kecil
menjadi huruf besar dan sebaliknya
10. Back Ground untuk Mengatur warna latar belakang lembar kerja
Komentar
Posting Komentar