Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Microsoft Word 2010


Pengenalan Microsoft Word 2010, Menu Dan Fungsi Menu Microsoft Word 2010


A. Perbedaan Antara Tab, Ribbon Dan Group

Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan tek,  terdiri dari tab File, Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah sekumpulan menu dalam setiap Tab. Sedangkan Group adalah sekumpulan atau kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Tab menyediakan Ribbon, Ribbon terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.

B. Pengertian Dan Bagian Tabs Menu Pada Microsoft Word 2010

Tabs Menu adalah bagian dari quick access yang terdapat pada microsoft office word 2010 dimana menu ini difungsikan untuk akses cepat menuju suatu akses fungsi yang dapat kalian gunakan ketika kalian sedang membuat dokumen teks atau gambar. Yang termasuk kedalam tab menu office word 2010 adalah sebagai berikut :
  1. Tab File
  2. Tab Home
  3. Tab Insert
  4. Tab Page Layout
  5. Tab References
  6. Tab Maillings
  7. Tab Review
  8. Tab View
C. Pengertian Dan Pembagian Ribbon Pada Microsoft Word 2010
Ribbon jika diartikan secara menyeluruh adalah bagian utama menu office word 2010 yang menampilkan beberapa menu akses cepet seperti Tabs menu, Groups Menu dan Command.
Yang termasuk kedalam kategori ribbon adalah sebagai berikut
  1. Tabs Menu - Bagian ini bisa terlihat di bagian atas Ribbon dan berisi beberapa kelompok perintah terkait yang digolongkan berdasarkan tabs tertentu seperti Home, Insert, Page Layout adalah contoh tab ribbon.
  2. Groups - Bagian ini merupakan kumpulan alat untuk mengatur perintah tertentu, setiap nama grup muncul didalam tabs menu pada Ribbon, seperti groups clipboard, group font dan group paragraph.
  3. Commands - Bagian ini merupakan fungsi perintah yang muncul dalam setiap kelompok seperti yang disebutkan di atas
D. Pengertian Tittle Bar Pada Microsft Word 2010

Title Bar merupakan identitas atau nama dari suatu dokumen yang sedang kalian kerjakan. Secara default title bar ini akan muncul dengan keterangan Documen1 - Microsoft Word, namun ketika kalian sudah menyimpan dokumen tersebut dengan sebuah nama, maka nama tersebut akan berubah menjadi nama_dokumen_kalian - Microsoft Word.

E. Pengertian Dan Fungsi Rulers Pada Microsoft Word 2010
Ruler atau penggaris merupakan tool yang bisa kalian gunakan untuk mengatur lebar dan tinggi halaman dokumen secara manual tanpa harus mengatur ukuran di page layout. Dalam hal ini ruler dibagi menjadi dua bagian yakni Ruler Horizontal dan ruler vertikal.
  1. Ruler horizontal muncul tepat di bawah bagian Ribbon dan sering digunakan untuk mengatur margin dan tab stop. 
  2. Ruler vertikal muncul di tepi kiri jendela Word dan sering digunakan untuk mengukur posisi vertikal elemen pada halaman
F. Pengenalan Status Bar Pada Microsoft Word 2010

Status bar merupakan sebuah tampilan bar kecil yang memberikan informasi banyaknya jumlah suku kata didalam sebuah dokumen, meberikan informasi banyaknya halaman atau jumlah dokumen dalam satu lembar kerja dan menampilkan informasi bahasa yang kalian gunakan.

G. Fungsi Menu File Pada Microsoft Word 2010

1.      New untuk Membuat file yang baru
2.      Open untuk Membuka File yang pernah kita buat
3.      Close untuk Menutup file yang sedang kita buka
4.      Save untuk Menyimpan dokumen yang sebelumnya telah kita simpan dan telah diberi nama
5.      Save As untuk Menyimpan file yang baru dalam hal ini kita perlu mencantumkan nama file yang akan kita tempatkan file tersebut
6.      Save as Web Page uk ntMenyimpan dokumen sebagai halaman web
7.      Web page Preview untuk Preview halaman web
8.      Page Setup untuk Mengatur halaman, ukuran kertas, ukuran margin, dll
9.      Print Preview untuk Menampilkan hasill kerja yang telah kita buat pada kertas
Print untuk Mencetak dokumen yang telah kita buat pada kertas
10.  Sent To untuk Mengirimkan dokumen
11.  Properties untuk Melihat detail
12.  Exit untuk Keluar dari Program Word

H. Fungsi Menu Edit Pada Microsoft Word 2010

1.     Undo Typing untuk Membatalkan perintah yang sudah terlanjur dilaksanakan
2.      Repeat Typing untuk Membatalkan perintah yang telah terlanjur dibatalkan
3.      Cut untuk Menghapus suatu objek dari lembar kerja
4.      Copy untuk Mengcopy suatu objek yang tersimpan pada clipboard ke dalam lembar kerja kita
5.      Clear untuk Membersihkan
6.      Paste untuk Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard dengan cara meletakkan kursor pada posisi yang tepat
7.      Paste Special untuk Mengambil object yang sudah disimpan pada clipboard yang kemudian diletakkan dilembar kerja
8.      Select All untuk Memilih keseluruhan yang ada pada lembar kerja kita
9.      Find untuk Mencari suatu kata tertentu yang ada pada naskah
10.  Replace untuk Mengganti kata yang ada pada naskah dengan kata yang baru secara keseluruhan
11.  Go To untuk Menuju kehalaman, baris, persamaan tertentu dengan cepat

I. Fungsi Menu View Pada Microsoft Word 2010

1.      Print Layout untuk Menampilkan bagaimana teks yang sesungguhnya
2.      Reading Layout untuk Membaca dokumen halaman per halaman
3.      Task Pane untuk Menampilkan beragam perintah cepat Word
4.      Ruller untuk Menampilkan ukuran garis pada lembar kerja kita
5.      Markup untuk Melakukan pengaturan komentar dalam projek
6.      Headaer and Footer untuk Membuat judul berulang diatas (header) dan dibawah (footer)
7.      Full Sscreen untuk Menampilkan lembar dokumen secara layar penuh
8.      Zoom untuk Memperbesar dan memperkecil tampilan dokumen

J. Fungsi Menu Insert Pada Microsoft Word 2010

1.      Break untuk Berganti Halaman
2.      Page Number untuk Penomoran halaman
3.      Date and Time untuk Menyisip waktu dan hari serta formatnya
4.      Symbol untuk Menyisip suatu simbol
5.      Footnote untuk Membuat catatan kaki
6.      Picture untuk Menyisip gambar
7.      Diagram untuk Menyisip diagram kedalam dokumen
8.      Text Box untuk Menyisip teks di dalam kotak
9.      File untuk Menyisipkan suatu file pada lembar kerja kita
10.  Object untuk Menyisip suatu objek atau program lain yang akan digunakan dalam bekerja

K. Fungsi Menu Format Pada Microsoft Word 2010

1.      Font untuk Mengatur huruf- huruf dalam pembuatan dokumen
2.      Paragraph untuk Mengatur jarak baris (Line Spacing)
3.      Bullet and Numbering untuk Fasilitas untuk memberi simbol tertentu atau penomoran dalam baris
4.      Border and shading untuk Memberi border dan shading pada teks yang kita buat
5.      Columns untuk Membagi lembar kerja menjadi beberapa kolom
6.      Tabs untuk Untuk mengatur ukuran tab
7.      Drop Caps untuk Memperbesar huruf pertama tiap paragraf
8.      Teks Direction untuk Memberikan efek arah teks pada alinea yang dipilih
9.      Change Case untukMerubah bentuk tulisan, dari huruf kecil menjadi huruf besar dan sebaliknya
10.  Back Ground untuk Mengatur warna latar belakang lembar kerja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Menu Dan Fungsi Menu Ms. Excell 2010

Teknik Dan Panduan Membuat Daftar Isi Dengan Teknik Multilevel List